FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPRODUKTIFAN TANAH WAKAF

  • Chamdini Putri

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang memprihatinkan ini dan tuntutan akan kesejahteraan masyarakat, membuat keberadaan wakaf menjadi sangat strategis, disamping sebagai salah satu pranata keagamaan yang berdimensi spiritual, wakaf juga merupakan ajaran yang menekankan akan pentingnya kesejahteraan masyarakat dengan upaya pemecahan masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM dan pemberdayaan ekonomi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakproduktifan tanah wakaf.


Metode pengumpulan data dalam pernelitian ini adalah menggunakan tehnik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada nadhir wakaf, kepala KUA dan kepala desa Sumbersari Bantul. Sedangkan metode dokumentasi dilakukan untuk mencari data-data lain yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. Analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif dengan teknik analisa yang bersifat Deskriptif Kualitatif.


Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan wakaf di Desa Sumbersari Bantul kecamatan Metro Selatan masih belum produktif. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi ketidakporoduktifan tanah wakaf  meliputi: adanya pemahaman yang belum utuh terhadap maksud ajaran keabadian wakaf itu sendiri, kurangnya sosialisasi dari pihak KUA, banyaknya Nadhir wakaf yang kurang profesional sehingga tidak memiliki kompetensi dalam pengelolaan harta wakaf secara produktifMetode penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau adaOleh karena itu Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat.

Published
2023-01-02
How to Cite
PUTRI, Chamdini. FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPRODUKTIFAN TANAH WAKAF. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 30-45, jan. 2023. ISSN 2722-192X. Available at: <https://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/59>. Date accessed: 24 july 2024.