PERAN SANTRI MENDORONG KEMASLAHATAN UMAT DI INDONESIA

  • muhammad syarif kurniawan syarif

Abstract

Memasuki era reformasi metamorfosis gerakan santri semakin menunjukkan jati dirinya dalam segala kehidupan. Santri tidak lagi hanya sebagai makelar kebudayaan (cultural broker) namun santri juga dapat berperan sebagai filter dari unsur – unsur luar yang dominan.


Santri harus punya orientasi untuk terjun ke masyarakat menjadi pejuang untuk mendorong menciptakan kemaslahatan dalam bidang ekonomi. Hal ini membuat kiprah dan peranan pesantren – pesantren yang berwatak Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyyah menjadi sangat kuat dalam melahirkan generasi entrepreneur Nahdlatul Ulama.


Yang perlu dikedepankan dalam berpolitik oleh para santri – santri millenial saat ini adalah peran politik strategis yang membawa keselamatan dan kedamaiaan bangsa dan negara. Nuansa etika politik moral (moral force), dimana politik berlandaskan pada akhlaqul karimah, yang bertujuan menciptakan kemaslahatan rakyat (mashalihur ra’iyah) secara nyata.

Published
2020-08-22
How to Cite
KURNIAWAN, muhammad syarif. PERAN SANTRI MENDORONG KEMASLAHATAN UMAT DI INDONESIA. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 46-60, aug. 2020. ISSN 2722-192X. Available at: <https://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/15>. Date accessed: 24 july 2024.