THE ROLE OF SHARIA-BASED MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS JAMAAH UMROH DI ERA DIGITAL

(Case pada PT. Hasbuna Dian Travelindo Kotagajah Lampung)

  • Citra Indah Wulandari STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah

Abstract

Pemasaran saat ini telah memasuki gelombang ke-4 (marketing 4.0). Konsep marketing 4.0 mengintegrasikan dimensi vertikal dan horizontal yang memfokuskan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan utama berupa kedamaian dan kesejahteraan masyarakat. Ibadah Umrah merupakan ibadah haji kecil yang dilaksanakan selain pada bulan haji atau bulan dzulhijjah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran marketing mix berbasis syariah terhadap peningkatan loyalitas jamaah umroh pada PT Hasbuna Dian Travelindo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu meneliti perilaku jamaah dan stakeholder. Guna mengetahui apakah peran marketing mix berbasis syariah meningkatkan loyalitas jamaah kepada PT Hasbuna Dian Travelindo dan meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Di era globalisasi saat ini sangat ketat dan pesat dalam hal persaingan bisnis. Semua pihak dapat secara bebas memasuki setiap pasar yang dikehendaki baik di dalam negeri maupun di luar negeri tanpa adanya batasan. Persaingan bisnis yang sangat ketat di era globalisasi saat ini menuntut para pengusaha untuk lebih meningkatkan kualitas barang atau jasa, promosi, harga maupun pelayanan terhadap konsumen serta memahami keinginan dan kebutuhan konsumennya. Maka dari itu dalam melakukan persaingan bisnis pastinya pelaku usaha akan melakukan yang terbaik, untuk mewujudkan itu semua tidak jarang para pelaku usaha melakukan segala cara untuk meraihnya, bahkan mereka menghalalkan segala cara untuk dapat meraihnya sehingga timbullah persaingan usaha yang tidak sehat

Published
2021-12-31
How to Cite
WULANDARI, Citra Indah. THE ROLE OF SHARIA-BASED MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS JAMAAH UMROH DI ERA DIGITAL. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 15-32, dec. 2021. ISSN 2722-192X. Available at: <http://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/29>. Date accessed: 22 jan. 2022.
Section
Articles