PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PERKAWINAN DI BAWAH UMUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HAK PEREMPUAN PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA (HAM)

  • Faridah Junida Maudian Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)
  • A. Muslimin Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)
  • Habib Shulton Universitas Ma’arif Lampung (UMALA)

Abstract

Di Indonesia telah mencantumkan berbagai Undang-undang dan perlindungan terhadap HAM melalui CEDAW terhadap hak perempuan, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang melalukan pernikahan dibawah umur. Pernikahan yang terjadi di Desa Qurnia Mataram, banyak masyarakat yang masih belum mengerti batas umur dalam melangsungkan pernikahan. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap perkawinan dibawah umur di Desa Qurnia Mataram dan apa implikasi perkawinan dibawah umur terhadap hak perempuan perspektif HAM. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dan dengan pendekatan penelitian yang digunakan berupa pendekatan yuridis yang bersifat empiris, yaitu untuk menganalisis permasalahan yang ada di Desa Qurnia Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah terkait pernikahan dibawah umur, dengan memadukan dari data primer serta data sekuder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pernikahan dibawah umur yang dilakukan di Desa Qurnia Mataram tidak menggunakan dasar hukum yang berlaku di Indonesia sebagai perlindungan hukum bagi perempuan. Para orang tua masih menggunakan tradisi atau budaya dalam menikahkan anaknya yaitu ketika anak sudah baligh maka sudah dianggap telah dewasa, dan siap untuk dinikahkan. Sedangkan implikasi pernikahan dibawah umur terhadap hak perempuan di Desa Qurnia Mataram dalam pandangan HAM masih banyaknya bentuk diskriminasi yang terjadi pada kaum perempuan. Dengan demikian HAM terkait hak-hak perempuan belum adanya keadilan yang optimal, walaupun telah diberlakukannya hukum.

Published
2023-07-06
How to Cite
MAUDIAN, Faridah Junida; MUSLIMIN, A.; SHULTON, Habib. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PERKAWINAN DI BAWAH UMUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HAK PEREMPUAN PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA (HAM). Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 62-74, july 2023. ISSN 2722-192X. Available at: <https://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/72>. Date accessed: 24 july 2024.
Section
Articles