PENDEKATAN INKUIRI FIKIH MUAMALAH PADA MATERI JUAL BELI (Studi Mahasiswa Semester IV Ekonomi Syari’ah STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah)

  • Wahid Dalail Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah (STIS) Darusy Syafa’ah Lampung Tengah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan inkuiri fikih muamalah pada materi jual beli dengan memilih mahasiswa ekonomi syariah Semester IV. Mata kuliah fikih muamalah memiliki beberapa teori pokok yaitu riba, jual beli, gadai, hutang dan akad-akad syari’ah lainnya sebagai materi dasar dalam ranah ekonomi syari’ah. Dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder sebagai penunjang dalam penelitian, yaitu kaprodi, dosen dan mahasiswa. Kemudian untuk analisis data dengan proses data collection periode, data reduction, data display, conclution drawing/verification. Analisis data dengan mengumpulkan data lapangan, mereduksi data, menyajikan data, dan akhirnya menarik kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian terdapat pembahasan beberapa hal terkait dengan jual beli secara kompleks, secara teoritis kemudian bisa dikembangkan secara praktis. Dengan melalui pendekatan inkuiri diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan tentang jual beli secara kompleks dari segi teori, kemudian diaplikasikan dalam bentuk praktik langsung jual beli. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori jual beli melalui pendekatan inkuiri secara teori dan praktik agar bisa memadukannya.

Published
2023-07-06
How to Cite
DALAIL, Wahid. PENDEKATAN INKUIRI FIKIH MUAMALAH PADA MATERI JUAL BELI (Studi Mahasiswa Semester IV Ekonomi Syari’ah STIS Darusy Syafa’ah Lampung Tengah). Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 34-48, july 2023. ISSN 2722-192X. Available at: <https://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/70>. Date accessed: 24 july 2024.
Section
Articles