ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Studi Kasus Depot Air Mineral Nazwa Koe Desa Cempaka Nuban

  • Aang Kurnia

Abstract

Pengembangaan usaha  mikro  kecil dan menengah (UMKM) perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun kesadaran dari masyarakat secara langsung sebagai pelaku usaha. Pada era saat ini masih banyak terdapat para pelaku usaha mikro kecil menengah yang masih memiliki pengetahuan yang minim terhadap penerapan strategi pemasaran, terutama para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang ada di desa. Strategi pemasaran merupakan instrument yang penting dalam proses penjualan produk. Karena strategi pemasaran sangat menentukan keunggulan persaingan yang kompetitif dan berkesinambungan dalam memproduksi dan memasarkan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Nazwa Koe dalam meningkatkan hasil penjualan produk air mineral. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan riset dokumentasi dan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil penjualan air mineral setiap bulannya. Dengan hasil tersebut maka strategi pemasaran yang dilakukan UMKM Nazwa Koe sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya

Published
2021-12-31
How to Cite
KURNIA, Aang. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP HASIL PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 56-66, dec. 2021. ISSN 2722-192X. Available at: <http://jurnal.stisda.ac.id/index.php/wathan/article/view/31>. Date accessed: 22 jan. 2022.
Section
Articles